Putusan MK tidak berlaku surut (non retroaktif)

Ketentuan hukum acara menyatakan putusan MK seharusnya bersifat prospektif. hukum acara MK baik yang diatur dalam UU No. 24 Tahun 2003 tentang MK dan Peraturan MK No. 6/PMK/2005 tentang Pedoman Beracara dalam perkara Pengujian Undang-Undang menyatakan putusan MK seharusnya bersifat prospektif atau berlaku ke depan. Dalam ketentuan Pasal 58 UU MK menyebutkan ‘Undang-Undang yang diuji oleh Mahkamah Konstitusi tetap berlaku, sebelum ada putusan yang menyatakan bahwa undang-undang tersebut bertentangan dengan UUD 1945’. Sedangkan, Pasal 39 PMK No. 6 Tahun 2005 berbunyi ‘Putusan Mahkamah memperoleh kekuatan hukum tetap sejak selesai diucapkan dalam sidang pleno terbuka untuk umum’. Bila mengacu kepada dua pasal tersebut, putusan MK ini seharusnya berlaku prospektif. Ketentuan ini merupakan implementasi dari asas legalitas yang terkandung dalam pasal 1 ayat 1 KUHP, khususnya pada unsur ketiga yaitu larangan tentang hukum pidana tidak berlaku surut (terugwerkend atau retroaktif). Isi pasal 1 ayat 1 pada frase “…ketentuan peraturan yang telah ada”menunjukkan bahwa ketika perbuatan itu dilakukan telah berlaku suatu aturan pidana yang melarang perbuatan itu.

Namun, dalam pengujian Pasal 205 ayat (4), Pasal 211 dan Pasal 212 UU Pemilu Legislatif, MK mengeluarkan putusan yang bersifat retroaktif.  Dalam pengujian UU tersebut, ketua mahkamah konstitusi menilai mengeluarkan putusan yang bersifat retroaktif merupakan diskresi para hakim. Dan lagi pandangan dari ketua mahkamah konstitusi (Mahfud MD.) bila putusan hanya bersifat prospektif, Mahkamah konstitusi khawatir tujuan perlindungan konstitusi tidak akan tercapai.

Jika dikaitkan dengan perkara Jaksa Agung Hendarman Supandji yang dinyatakan tidak sah sebagai jaksa agung terhitung sejak tanggal 20 oktober 2009, maka putusan Mahkamah konstitusi ini tidak dapat berlaku surut sehingga segala kebijakan yang dituangkan dalam surat keputusan yang dibuat oleh Jaksa Agung, Hendarman Supandji, tidak dapat dibatalkan.

 

9 oktober 2010,

Devi Darmawan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s